11 Mei 2020 Oleh lapaspancur 3

WBK/WBBM, LAPAS KELAS IIA PANCUR BATU MEMENUHI PENILAIAN TIM TPI

lapaspancurbatu.com-LAPANBA Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pancur Batu adalah salah satu Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara yang sudah di usulkan menjadi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pengusulan Lapas Kelas IIA Pancur Batu menjadi WBK/WBBM di lanjutkan dengan penilaian oleh Tim Penilai Internal (TPI) II dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui videoconference.

Pelaksanaan Penilaian Oleh Tim TPI berjalan dengan lancar dengan sesi wawancara kepada Haposan Silalahi, Kalapas Pancurbatu. Selama proses penilaian berlangsung, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Betni Purba dan para Staf juga melakukan pendampingan secara Videoconference dari Kantor Wilayah.

Videoconference dengan Tim Penilai Internal

Selain melakukan wawancara kepada Kalapas terkait kelengkapan data dukung penilaian, Tim Penilai juga meminta untuk menampilkan Yel-Yel (https://youtu.be/PISCKnzeiNE) dan Profil Lapas kelas IIA Pancur Batu (https://youtu.be/yIfr6rTk_Ks). Kemudian, Tim Penilai akan memeriksa kelengkapan dokumen dan data dukung 6 Area Perubahan ZI menuju WBK/WBBM antara lain 1. Manajemen Perubahan; 2. Penataan Tatalaksana; 3. Penataan Sistem Manajemen SDM; 4. Penguatan Akuntabilitas; 5. Penguatan pengawasan; dan 6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang sebelumnya sudah di upload dalam Aplikasi Elektronik Reformasi Birokrasi (ERB) Kemenkumham.

Dalam pemeriksaan tersebut, Tim Penilai akan memberitahu data dukung dan dokumen yang harus di lengkapi dan di laksanakan secara berkala dan berkelanjutan untuk menciptakan hasil yang lebih baik lagi.

“Lapas Kelas IIA Pancur Batu sudah melakukan berbagai inovasi seperti pelayanan Kunjungan dengan menggunakan Aplikasi Video Call Whatsapp antara keluarga dan WBP dikarenakan adanya pendemi Covid-19, Layanan Pengaduan masyarakat secara online yang langsung ke Kalapas dengan media Tawk.To pada Website, dan Pembinaan WBP dengan kegiatan kerja seperti pembuatan Rak Bunga dan Peternakan”, Haposan silalahi Menjelaskan kepada Tim Penilai (08/05/2020).

Videoconference di pimpin oleh Kalapas Kelas IIA Pancur Batu

Tim Penilai kemudian menyampaikan beberapa saran yang dapat mendukung ketercapaian Lapas Kelas IIA Pancurbatu menjadi WBK/WBBM seperti meningkatkan inovasi lainnya yang dapat meningkatkan pelayanan kepada WBP dan Publik. Tim Penilai menyampaikan nilai yang diperoleh Lapas Kelas IIA Pancurbatu.

Secara keseluruhan Lapas Kelas IIA Pancur Batu memperoleh nilai 80,09 dengan nilai minimal dari Tim Penilai Inspektorat Jenderal 80,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa Lapas Kelas IIA Pancurbatu mendapatkan nilai di atas rata-rata dan dapat di usulkan untuk tahap selanjutnya penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN).

Ketua Tim Pokja WBK/WBBM Lapas Kelas IIA Pancurbatu, Muslim Surbakti menambahkan “Seluruh Tim saling berkoordinasi dan bersinergi bersama untuk menciptakan Lapanba WBK/WBBM”.

Dengan pencapaian saat ini, Kalapas Pancurbatu dan Seluruh Pegawai semakin meningkatkan kinerja, Kerja Sama dan Pemberantasan segala Pungli serta Narkoba untuk menciptakan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayan (WBBM)….(Humas Lapanba Rn)