Kalapas Melakukan Kontrol Ke Ruangan Bimbingan Kerja
21 April 2021 Oleh lapaspancur 0

PEMBINAAN GIATJA LAPAS KELAS IIA PANCURBATU

Pancurbatu – Lembaga pemasyarakatan merupakan tempat melakukan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Salah satu pembinaan yang dilakukan adalah pembinaan kemandirian yang dibidangi oleh Seksi Kegiatan Kerja. Seksi kegiatan kerja mengkoordinasikan, menyiapkan pelaksanaan bimbingan latihan kerja, serta mengelola hasil kerja sesuai prosedur yang berlaku dalam rangka pembinaan kemandirian WBP sebagai bekal apabila kembali ke masyarakat.

Selain mengisi keseharian WBP selama menjalani sisa hukuman di Lapas, pembinaan kemandirian yang diberikan kepada WBP ini diharapkan bisa menjadikan WBP lebih produktif dan bahkan dapat membuka peluang usaha sendiri ketika kembali ke masyarakat.

Hal ini juga diatur dalam Keputusan Menteri Kehakiman Nomor: M.02-PK.04.10 Tahun 1990 tentang Pola Pembinaan Narapidana atau Tahanan. Beberapa kegiatan pembinaan kemandirian yang membutuhkan keahlian khusus dilakukan bekerjasama dengan instansi terkait. Hal ini juga diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1999 tentang Kerjasama Penyelenggaraan Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Pancurbatu telah melaksanakan implementasi program bimbingan kerja kepada WBP melalui pembinaan kemandirian. Pembinaan kemandirian yang dilakukan bertujuan untuk memberikan keahlian dan keterampilan kepada WBP Lapas Kelas IIA Pancurbatu. Adapun kegiatan pembinaan yang dilakukan seksi kegiatan kerja salah satunya adalah pembuatan meubel yang bekerjasama dengan CV. KAMI SAHABAT MARSINA.

Pengawasan proses pembinaan juga dilakukan melekat oleh petugas sehingga situasi kerja dapat terlaksana dengan aman dan tertib. Kalapas beserta jajaran juga rutin melakukan kontrol keliling untuk memantau kegiatan para WBP di ruang Kegiatan Kerja. “Melalui kegiatan pembinaan ini diharapkan WBP memperoleh ilmu baru yang bisa menambah keahlian mereka yang nantinya juga bisa menjadi bekal mereka saat kembali ke masyarakat. Bisa menjadi masyarakat yang produktif itu tujuannya” ucap Kalapas. “Saya beserta jajaran juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah bekerjasama sehingga kegiatan pembinaan ini dapat terlaksana dengan baik” tutup Kalapas.