9 September 2020 Oleh lapaspancur 0

Swab Test Pegawai Lapas Pancur Batu

LAPANBA-lapaspancurbatu.com – Pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) menjadi fokus utama Pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya. Covid-19 sudah banyak memakan korban dengan tingkat kematian yang tinggi di Indonesia dan negara lainnya.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pancur Batu melaksanakan Swab Test sesuai dengan arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Bapak Reinhard Silitonga melalui teleconference, Senin/ 24 Agustus 2020 yaitu selalu melaksanakan protokol kesehatan salah satunya Melakukan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) dan 3T (Tes Rapid atau PCR, Tracing dan Treatment).

Kegiatan Swab Test Pegawai Lapas Kelas IIA Pancur Batu

Kegiatan Swab Test di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pancur Batu di laksanakan pada hari Kamis, 27 Agustus 2020 atas kerja sama dan koordinasi dengan Pimpinan Unit Pelaksanaan Teknis Puskesmas Tuntungan, Kecamatan Pancur Batu yg dipimpin dr.Tetty Keliat.

Terdapat 50 orang Pegawai yang mengikuti swab test dari jumlah pegawai 84 orang. Belum seluruhnya Pegawai mengikuti swab test dikarenakan kurangnya alat test yang disediakan oleh Puskesmas Tuntungan . Hasil Swab Test di perkirakan keluar selama 10-14 hari.

Kalapas Pancur Batu, Bapak Haposan Silalahi, A.Md.IP, S.Sos. selalu memberikan arahan kepada Pegawai Lapas Pancur Batu untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak. Sebelumnya juga sudah di lakukan pembagian vitamin kepada Pegawai dan pelaksanaan rapid test dalam mencegah penyebaran virus corona ini. hal Penting lainnya yaitu para pengunjung penitip barang/makanan WBP di anjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di pos depan (Pos Wasrik) sebelum masuk ke area Lapas Pancur Batu.

“Tujuan kegiatan swab massal ini adalah upaya dalam penjaringan untuk pencegahan penyebaran virus corona. Apabila ada pasien yang terindikasi positif, kami akan melanjutkan tracing untuk membatasi atau memutus mata rantai virus corona. Disini kami dari pihak Puskesmas Tuntungan selaku perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kalapas Kelas IIA Pancur Batu karena kerja sama dan koordinasi yang diberikan kepada kami sehingga swab test ini terlaksana dengan baik”, ujar dr.Tetty Keliat.

Wawancara dr.Tetty Keliat dan Ka.Lapas Kelas IIA Pancur Batu

dr.Tetty Keliat juga menghimbau pada Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari dengan melaksanakan 4M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak 1-2 meter dan menghindari kerumunan. Dengan melaksanakan protokol kesehatan ini, kita sudah berkonstribusi dalam upaya pencegahan penyebaran mata rantai dan virus corona ini.

Dengan adanya kegiatan Swab Test massal yang di adakan UPT Puskesmas Tuntungan kepada Pegawai Lapas Pancur Batu, Bapak Kalapas sangat mendukung dan berterima kasih serta mengharapkan hasil Swab Test Pegawai Lapas Pancur Batu negatif dan terbebas dari virus corona (Covid-19).

(Humas Lapanba-RS)